ANALISIS CITRA MENGENAI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

(Studi Kasus Pada Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang)

  • Herrisya Puja Meidina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Wahyu Utamidewi
  • Luluatu Nayiroh
Keywords: Keywords: Image, Communication Process, Integrity Zone Development, Kata Kunci: Citra, Proses Komunikasi, Pembangunan Zona Integritas

Abstract

ABSTRACT

In the process of establishing the image of Immigration Office Class I Non TPI Karawang using the Development of Integrity Zone as an effort to support the formation of a very good image for the office. The development of this Integrity Zone is divided into two different predicate steps, including the Corruption-Free Zone (WBK) and the Clean and Serving Bureaucracy (WBBM). From these steps, an innovation service was formed to support the successful achievement of WBK/WBBM badges with the hope of being able to help various public complaints. The regulations underlying the establishment of this Integrity Zone are contained in Presidential Decree No. 14 of 2010 concerning the Establishment of the Steering Committee for National Bureaucratic Reform and the National Bureaucratic Reform Team as amended by presidential decree No. 23 of 2010. The method conducted in this study is Qualitative – descriptive which is a depiction using the collection of case study data analysis at the Immigration Office Class I Non TPI Karawang. The results of this study showed that the development of Integrity Zone managed to form an excellent office image in the eyes of the community.

Keywords: Image, Communication Process, Integrity Zone Development

 

ABSTRAK

Pada proses pembentukan citra Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang menggunakan Pembangunan Zona Integritas sebagai upaya pendukung terbentuknya citra sangat baik bagi kantor. Pembangunan Zona Integritas ini terbagi menjadi dua tahap predikat yang berbeda, diantaranya tahap Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan tahap Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Dari tahap – tahap tersebut dibentuk sebuah layanan inovasi sebagai pendukung keberhasilan pencapaian lencana WBK/WBBM dengan harapan cakap dalam membantu berbagai keluhan masyarakat. Peraturan yang mendasari terbentuknya Zona Integritas ini ada dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2010 tentang Pembentukan Komite Pengarah Reformasi Birokrasi Nasional dan Tim Reformasi Birokrasi Nasional sebagaimana telah diubah dengan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2010. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah Kualitatif – deskriptif yang merupakan penggambaran menggunakan pengumpulan informasi Analisis data Studi Kasus pada Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembangunan Zona Integritas berhasil membentuk Citra kantor yang sangat baik dimata masyarakat.

Kata Kunci: Citra, Proses Komunikasi, Pembangunan Zona Integritas

Downloads

Download data is not yet available.

References

F., Siswoyo, M., & Wihayati, W. (2018). Strategi Hubungan Masyarakat Seksi Informasi Dan Sarana Komunikasi Keimigrasian (Fosarkim) Dalam Menangani Pengaduan Pelayanan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas Ii Cirebon. Jurnal Signal, 6(1), 108–115. https://doi.org/10.33603/signal.v6i1.953
Buluamang, Y. M. O., & Handika, L. P. (2018). Strategi Komunikasi Pembangunan Dalam Pengembangan Pariwisata. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(2), 89–101. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i2.84
Egziabher, T. B. G., & Edwards, S. (2013). 済無No Title No Title. Africa’s Potential for the Ecological Intensification of Agriculture, 53(9), 1689–1699.
Fadzilah, A. (2006). Analisis Pengaruh Pemberdayaan Karyawan Dan Self of Efficacy Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Penjualan (Studi Kasus Pada Pt. Sinar Sosro Wilayah Pemasaran Semarang). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 3(1), 12–27. https://doi.org/10.14710/jsmo.v3i1.4179
Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1–9.
Menghadapi, D., & Revolusi, P. (2019). STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL IMIGRASI. January 2018, 1–10.
Muhlisa, A. N., & Roisah, K. (2020). Penegakan Hukum Keimigrasian Terhadap Penyalahgunaan Visa Izin Tinggal Kunjungan Lewat Batas Waktu (Overstay) Pada Warga Negara Asing. Jurnal Pembangunan Hukum Indonesia, 2(2), 145–157. https://doi.org/10.14710/jphi.v2i2.145-147
Novarera, H. (2018). PELANGGARAN KEIMIGRASIAN YANG DILAKUKAN OLEH WARGA ASING (WNA); STUDI KASUS KANTOR IMIGRASI KELAS I JAMBI. Skripsi.
Pane, I. A. B. (2019). Pengawasan Terhadap Orang Asing Yang Menggunakan Visa Kunjungan Di Sumatera Utara (Studi Di Imigrasi Kelas I Khusus Medan). http://repository.umsu.ac.id/bitstream/123456789/2151/1/Pengawasan Terhadap Orang Asing Yang Menggunakan Visa Kunjungan Di Sumatera Utara %28Studi Di Imigrasi Kelas I Khusus Medan%29.pdf
Pelayanan, K., Di, K., & Agam, K. (2011). ANALISIS PELAYANAN PUBLIK TERHADAP MASYARAKAT (KASUS PELAYANAN KESEHATAN DI KABUPATEN AGAM) Oleh: Neng Kamarni, SE., MSi. Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Padang. 2(September), 84–117.
Pratiwi, M. R., Hapsari, S. A., & Yusriana, A. (2019). Refleksi Citra Universitas Dian Nuswantoro Melalui Unggahan di Akun @udinus_smg. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 23(2), 79–93. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v23i2.104
Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895
Rasyid, A., Saleh, A., Cangara, H., & Priatna, W. B. (2019). Komunikasi dalam CSR Perusahaan : Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Citra Positif. 31(2), 507–518.
Rezha, F. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(5), 981–990.
S.Sos, M.M, H. (2020). The Analysis of Public Relation Activities at Mulawarman University In Improving Institutional Reputation. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 24(2). https://doi.org/10.46426/jp2kp.v24i2.141
Sos, S. (2016). TIARA ADELIA, RORO RETNO WULAN, S. Sos, M. Pd., SYLVIE NURFEBIARANING, S. Sos, M.Si. 3(2), 2517–2526.

Buku
Andipate, A. A. (2020). PARADIGMA BARU PUBLIC RELATIONS. In Teori, Strategi, Dan Riset. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
KEMENKUMHAM. (n.d.). Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi & Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Kementerian Hukum dan HAM RI. 2018: Kementerian Hukum dan HAM RI.
Morissan. (2013). TEORI KOMUNIKASI. In Individu Hingga Masa. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Mulyana, D. (2014). Ilmu Komunikasi. In M. P. Prof. Deddy Mulyana, Suatu Pengantar. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Ruliana, P. (2014). KOMUNIKASI ORGANISASI. In Teori dan Studi Kasus. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Published
2021-12-28
How to Cite
Meidina, H. P., Wahyu Utamidewi, & Luluatu Nayiroh. (2021). ANALISIS CITRA MENGENAI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS: (Studi Kasus Pada Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Karawang). Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 25(2), 124-139. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v25i2.165