PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI DARING DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MAKASSAR DITENGAH PANDEMI COVID-19
Abstract
Proses pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran daring/online dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu penerapan media pembelajaran daring dapat meningkatkan aktivitas siswa. Penerapan media pembelajaran daring mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa, karena penggunaan media pembelajaran daring termasuk baru bagi siswa dan terbukti efektif serta dapat diterapkan siswa di di rumah dalam berbagai pelajaran apapun di masa pandemic Covid -19 ini. Pembelajaran online yang diterapkan pada masa pandemi Covid19 merupakan strategi baru yang diterapkan untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar antara pendidik dan siswa yang dapat dilaksanakan dari rumah, kegiatan tersebut tidak lepas dari penggunaan media internet agar dapat efektif dalam penerapannya. Pada pelaksanaannya siswa dan guru tidak perlu lagi melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di ruang kelas, namun kini sudah bisa belajar dengan sistem pembelajaran online. Guru memberi tugas harian sebagai sarana pemerolehan nilai siswa yang akan dicantumkan dalam rapor. Penilaian tersebut sebagai acuan tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan di tengah wabah virus Covid-19.
Downloads
References
Januar, Hadi, 2017. Media Pembelajaran Online. Jakarta, Rineka Cipta.
Moleong, Lexy.2017. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya,. Bandung.
Aristo, Rahadi. 2003, Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Sadikin, A., & Hakim, N., 2019. Peningkatan Hail Belajar ia Kela III SD Panembahan Medan,
Sobron A.N & Bayu R. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi, dan Inovasinya. Jakarta:Yayasan Kita Menulis.
Stein. 2020. Teaching From Home: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Jakarta:Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. 2016.. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sun, et.al. 2015. Aplikasi dalam Pembelajaran, Jakarta, Raja Grafindo.
Surahman, 2018. Pembelajaran Berbasis Online, Jakarta, Panembahan Utama.
Surat Edaran Mendikbud Noor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19
Triatno, 2019. Media Pembelajaran Baru dalam Era Digitalisasi, Jakarta, Rajawali Press
Udan dan Weggen, 2013. Pembelajaran Berbasis Online, Jakarta, Panembahan Utama
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
For Bahasa Indonesia can be read here: Mengakui Pernyataan Hak Cipta
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Copyright on any article is retained by the Journal
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this;
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal;
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work;
- Every accepted manuscript should be accompanied by Copyright Transfer Agreement (CTA), prior to the article publication. CTA can be downloaded here;