PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI DARING DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MAKASSAR DITENGAH PANDEMI COVID-19

  • Rukman Pala BBPSDMP Kominfo Makassar
Keywords: Media Daring, Pandemi Covid-19

Abstract

Proses pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran daring/online dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu penerapan media pembelajaran daring dapat meningkatkan aktivitas siswa. Penerapan media pembelajaran daring mendapatkan tanggapan yang positif dari siswa, karena penggunaan media pembelajaran daring termasuk baru bagi siswa dan terbukti efektif serta dapat diterapkan siswa di di rumah dalam berbagai pelajaran apapun di masa pandemic Covid -19 ini. Pembelajaran online yang diterapkan pada masa pandemi Covid19 merupakan strategi baru yang diterapkan untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar antara pendidik dan siswa yang dapat dilaksanakan dari rumah, kegiatan tersebut tidak lepas dari penggunaan media internet agar dapat efektif dalam penerapannya. Pada pelaksanaannya siswa dan guru tidak perlu lagi melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di ruang kelas, namun kini sudah bisa belajar dengan sistem pembelajaran online. Guru memberi tugas harian sebagai sarana pemerolehan nilai siswa yang akan dicantumkan dalam rapor. Penilaian tersebut sebagai acuan tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan di tengah wabah virus Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qahtani, A. A., & Higgins, S. E. 2018. Effects of traditional, blended and elearning on students' achievement in higher education. Journal of Computer Assisted Learning, 29(3), 220-234. Tersedia pada Tersedia pada https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1365-729.2012.00490.x (diakses tanggal 4 Pebruari 2021).

Januar, Hadi, 2017. Media Pembelajaran Online. Jakarta, Rineka Cipta.

Moleong, Lexy.2017. Metode Penelitian Kualitatif , Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya,. Bandung.

Aristo, Rahadi. 2003, Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Sadikin, A., & Hakim, N., 2019. Peningkatan Hail Belajar ia Kela III SD Panembahan Medan,

Sobron A.N & Bayu R. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi, dan Inovasinya. Jakarta:Yayasan Kita Menulis.

Stein. 2020. Teaching From Home: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar. Jakarta:Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. 2016.. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sun, et.al. 2015. Aplikasi dalam Pembelajaran, Jakarta, Raja Grafindo.


Surahman, 2018. Pembelajaran Berbasis Online, Jakarta, Panembahan Utama.

Surat Edaran Mendikbud Noor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19

Triatno, 2019. Media Pembelajaran Baru dalam Era Digitalisasi, Jakarta, Rajawali Press

Udan dan Weggen, 2013. Pembelajaran Berbasis Online, Jakarta, Panembahan Utama
Published
2021-11-16
How to Cite
Pala, R. (2021). PEMANFAATAN MEDIA KOMUNIKASI DARING DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 MAKASSAR DITENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 25(1), 45-53. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v25i1.156