Peran Media Massa Terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa Pada Pemilihan Umum 2019

  • Drina Intyaswati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: televisi, pemilu, penggunaan media, partisipasi politik, media konvensional

Abstract

Pada era media berbasis internet saat ini, diperlukan telaah terhadap peran media massa konvensional sebagai sumber informasi politik dan kontribusinya pada partisipasi politik kalangan muda. Studi ini bertujuan  melihat pengaruh penggunaan media massa konvensional, yaitu televisi, radio dan suratkabar pada partisipasi politik di kalangan mahasiswa. Sampel sebanyak 400 mahasiswa diperoleh melalui metode survei dengan menggunakan kuisioner. Mahasiswa berasal dari UPNVJ Jakarta jurusan Ilmu Komunikasi. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan televisi dan surat kabar secara signifikan berpengaruh terhadap partisipasi politik mahasiswa. Akan tetapi terdapat hubungan negatif antara penggunaan televisi dan partisipasi politik. Semakin sering mahasiswa menonton televisi terkait informasi politik, terdapat kecenderungan berkurangnya tingkat partisipasi politik. Diperlukan studi selanjutnya untuk dapat lebih menjelaskan temuan tersebut. Selain itu ditemukan rendahnya tingkat partisipasi politik di kalangan mahasiswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agerberg, M. (2019) ‘The Curse of Knowledge? Education, Corruption, and Politics’, Political Behavior. Springer US, 41(2), pp. 369–399. DOI: 10.1007/s11109-018-9455-7.
Ball-Rokeach, S. (1985) ‘The Origins of Individual Media-System Dependency’, Communication Research, 12(4), pp. 485–510.
Ball-Rokeach, S. and DeFleur, M. (1976) ‘A Dependency Model of Mass-Media Effects’, Communications Research, 3, pp. 3–21. DOI: http://dx.doi.org/10.1177/009365027600300101.
EIU (2019) Democracy Index 2019, EIU. Available at: https://www.eiu.com/public/topical_report.aspx?campaignid=democracyindex2019.
Groshek, J. and Krongard, S. (2016) ‘Netflix and engage? Implications for streaming television on political participation during the 2016 US Presidential Campaign’, Social Sciences, 5(4). DOI: 10.3390/socsci5040065.
Himelboim, I. et al. (2012) ‘Social media and online political communication: The role of interpersonal informational trust and openness.’, Journal of Broadcasting & Electronic Media, 56, pp. 92–115.
Intyaswati, D. et al. (2020) ‘The role of political communication through mass media on political efficacy among college students’, International Journal of Advanced Science and Technology, 29(3).
Jayawinangun, R. and Valdiani, D. (2020) ‘Tipologi Partisipasi Politik pemilih laki-laki di Kabupaten Bogor berdasarkan penggunaan sumber informasi politik’, Interaksi, 9(1), pp. 31–39.
Lubis, M. (2019) Optimizing communication and marketing strategy with Nielsen total audience, Nielsen. Available at: https://www.nielsen.com/id/en/press-releases/2019/optimizing-communication-and-marketing-strategy-with-nielsen-total-audience/.
Morissan, M. (2017) ‘The Influence of Politicians on Television Content in Post-Authoritarian Indonesia’, Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 20(3), p. 204. doi: 10.22146/jsp.27205.
Quintelier, E. and Hooghe, M. (2011) ‘Television and Political Participation Among Adolescents: The Impact of Television Viewing, Entertainment and Information Preferences’, Mass Communication and Society, 14, pp. 620–642. DOI: 10.1080/15205436.2010.530383.
Sears, D. O. and Levy, S. (2003) Childhood and adult political development. In D. O. Sears, L. Huddy, & R. Jervis (Eds.), Oxford handbook of political psychology. Oxford University Press.
Sulistiyo, B. and Suwartiningsih, S. (2016) ‘Peran Media Massa Terhadap Pemilih Pemula Dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014(The Role of Mass Media Against First-time Voters in 2014 Presidential and Vice President Elections)’, KRITIS, Jurnal Studi Pembangunan Interdisiplin, 25(1). Available at: https://ejournal.uksw.edu/kritis/article/download/1999/975/.
Supratman, S. and Intyaswati, D. (2019) ‘Pengaruh Usia dan Pendidikan Dalam Pembentukan Persepsi dan Opini pada Change . org (Age and Education Effects in Forming Perseptions and Opinions on Change . org)’, Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 23(1), pp. 17–26. Available at: http://jurnal-p2kp.id/index.php/jp2kp/article/view/100.
Verba, S., Schlozman, K. L. and Brady, H. E. (1995) Voice and Equality: Civic Voluntarism in American Politics. Cambridge: Harvard University Press.
Yoo, S. J. (2016) ‘Growth of citizen movements and changes in the political process in Korea and the US: Similarities and differences’, Asia-Pacific Social Science Review, 16(1), pp. 170–180.
Zainudin, A. (2012) A Handbook on SEM. Malaysia: Universiti Sultan Zainal Abidin.
Published
2021-12-28
How to Cite
Intyaswati, D. (2021). Peran Media Massa Terhadap Partisipasi Politik Mahasiswa Pada Pemilihan Umum 2019. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 25(2), 140-149. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v25i2.142