Vol. 18 No. 3 (2015): Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan

Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan Volume 18 Nomor 3, Februari berisi tulisan dari para peneliti BPPKI, Dosen Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Mahasiswa serta Dosen Universitas Lambung Mangkurat dan Profesor Riset LIPI yang disajikan pada penerbitan kali ini. Terdapat lima tulisan kali ini meliputi bidang Komunikasi dan TIK, yaitu Motivasi Masyarakat Terhadap Peyelenggaraan Telekomunikasi di Pedesaan, mengulas tentang untuk mengetahui tingkat motivasi dan kebutuhan masyarakat terhadap penyelenggaraan telekomunikasi di Kalimantan Tengah. Diketahui bahwa bahwa masyarakat sangat termotivasi dan membutuhkan penyelenggaraan telekomunikasi di desanya agar dapat melakukan telekomunikasi secara mudah, cepat dan lancar untuk keperluan pertanian serta pendistribusian hasil panen, kebutuhan untuk pengetahuan, kebutuhan untuk meningkatkan pendapatan dan kebutuhan komunikasi dengan keluarga dan kerabat mereka yang berada di lokasi jauh dari desa atau merantau di daerah lain.

Selain itu terdapat penelitian tentang, Peluang Perempuan Sebagai Politisi menunjukan peluang perempuan sebagai politisi terkendala berbagai hambatan, hal ini sebagaimana data temuan seperti faktor kultur budaya, faktor kesetaraan gender, rendahnya tingkat pendidikan, izin dari keluarga, dukungan materi.

Ada kajian menarik tentang, Konstruksi Laki-Laki Indonesia Dalam Iklan Kuku Bima Ener-G! ‘Jigojagajig’ yang mengambarkan bagaimana konstruksi laki-laki Indonesia melalui visualisasinya. Laki-laki Indonesia diperlihatkan melalui pekerjaan yang selalu mengandalkan kekuatan fisik. Sementara ketika iklan ini dipertunjukkan di layar kaca, era maskulinitas telah berada pada era yang mana maskulinitas tidak hanya memperlihatkan kekuatan fisik semata.

Lalu tentang budaya, yaitu Analisis Pesan Moral Dalam Komunikasi Tradisional Mappanretasi Masyarakat Suku Bugis Pagatan mengemukakan bahwa perayaan Mappanretasi adalah sebuah pesan moral, setiap orang harus berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia, kelimpahan rezeki, dan kesehatan yang diberikan.

Dan terakhir, Komunikasi Pendek tentang Praktek Komunikasi Antar Budaya Para Perantau Minangkabau di Jakarta mengangkat tentang bagaimana orang Minangkabau mengambil keputusan kenapa mereka meninggalkan daerah asalnya untuk bermigrasi keluar daerah mereka. Proses migrasi dan strategi komunikasi antar budaya di tempat tujuan dalam rangka mereka menyesuaikan diri dengan orang orang dari suku bangsa/budaya di tempat mereka tinggal.

Dewan Redaksi Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mitra bestari (peer reviewer) yang telah menelaah naskah yang dimuat pada edisi Vol. 18 No.3, Februari tahun 2015:

  1. Fahrianoor, S.IP., M.Si
  2. Juhriyansyah Dalle, S.Pd., S.Si., M.Kom, Ph.D
  3. Syaifuddin M. Hum

Demikian kiranya kelima artikel hasil penelitian yang terdapat pada jurnal kali ini semoga kiranya dapat memberikan manfaat bagi ilmu pengetahuan maupun bagi para pengambil kebijakan dan para stakeholder yang terlibat.

 

Banjarmasin,    Februari 2015

 

Redaksi.

Published: 2015-02-09