Vol. 18 No. 2 (2014): Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan

Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan Volume 18 Nomor 2, Oktober 2014 berisi tulisan dari para peneliti BPPKI, peneliti dari BBPPKI Makassar, dan dari Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada yang disajikan pada penerbitan kali ini. Terdapat enam tulisan kali ini meliputi bidang Komunikasi dan TIK, yaitu: Framing Berita Polemik Lurah Lenteng Agung Pada Media Online, mengulas tentang pemberitaan tentang Lurah Lenteng Agung yang disajikan pada Kompas.com dan Republika.com. penelitian ini menganjurkan agar portal belia Daring tersebut tetap menjaga konsistensi penulisan berita sesuai dengan visi dan misi yang diemban. Lalu, Kondisi Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, membahas bagaimana kabupaten kepulauan berhasil mendapatkan pengharagaan ICT-Pura tahun 2011. Strategi dan kendala yang dihadapi di kabupaten yang terhalang kondisi geografis.

Selain itu ada Studi tentang Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Teknologi Inofmrasi dan Komunikasi, Program PLIK di Desa Nanggulan 2 Kulon Progo yang berhasil memberdayakan M-PLIK menjadi sumber akses TIK di desa tersebut. Langkah-langkah dilakukan mulai dari segi organisasi hingga sosialisasi, semua dilakukan secara mandiri oleh para pemuda di desa tersebut.

Terdapat juga kajian mengenai Rekrutmen Perempuan Menjadi Politisi (Legislatif), memuat tentang bagaimana keberadaan perempuan di dunia politik . Hasil penelitian menunjukan bahwa opini public melihat keberadaan perempuan sebagai politisi lebih konprehensif berpeluang dalam UU No.8 Tahun 2012 untuk mendorong penguatan peran, posisi dan strategis tentang keterwakilan perempuan 30% di lembaga legislatif.

Lalu terdapat penelitian tentang Pengoperasian Sistem Operasi Komputer Bagi Pegawai Pemerintah Daerah di Provinsi Kalimantan Selatan, adalah mengetahui bagaimana sistem operasi proprietary jauh lebih dominan digunakan oleh para pegawai. Berbeda jauh dengan penggunaan sistem operasi proprietary yang digemari oleh banyak pegawai. Sistem operasi proprietary cukup mudah dan terlanjur familiar untuk mengerjakan segala pekerjaan kantor.

Yang terakhir Pemanfaatan Media Online Terhadap Interaksi Sosial Masyarakat, dilakukan di tiga provinsi bertujuan untuk mengetahui pengetahuan masyarakat terhadap media online/media sosial dan mengetahui pendapat masyarakat terhadap pemanfaatannya dalam berinteraksi sosial melalui media online/media sosial

Dewan  Redaksi Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mitra bestari (peer reviewer) yang telah menelaah naskah yang dimuat pada edisi Vol. 18 No.2, Oktober tahun 2014 :

  1. Fahrianoor, S.IP., M.Si
  2. Juhriyansyah Dalle, S.Pd., S.Si., M.Kom, Ph.D
  3. Syaifuddin M. Hum

Demikian kiranya keenam artikel hasil penelitian yang terdapat pada jurnal kali ini semoga kiranya dapat memberikan manfaat bagi ilmu pengetahuan maupun bagi para pengambil kebijakan.

Banjarmasin, Oktober 2014

 

Redaksi

Published: 2016-08-19