Vol. 18 No. 1 (2014): Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan

Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan Volume 18 Nomor 1, Juni 2014 berisi tulisan dari para peneliti yang disajikan pada penerbitan kali ini. Terdapat lima tulisan kali ini meliputi bidang Komunikasi dan TIK, yaitu: Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) oleh Rumah Tangga Untuk Kehidupan Sehari-hari, mengulas tentang pemafaatan TIK yang digunakan untuk mencari informasi, membuka situs jejaring sosial, melakukan aktivitas belajar, mengirim dan menerima email, dan lain sebagainya, sekalipun kepemilikan TIK sangat terbatas, namun akses TIK kebanyakan dilakukan seperti di kantor, sekolah/kampus, warnet, maupun menggunakan telepon seluler.

Sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE oleh Pemerintahan di Jawa Barat, membahas sikap pemerintah di Daerah Jawa Barat terhadap pelaksanaan sosialisasi, menyatakan paham, tertarik, dan sadar bahwa sosialisasi ITE sangat penting, sekalipun sudah ada dua daerah yang telah melaksanakan sosialisasi tersebut. Lalu, Persepsi Masyarakat Tentang Dampak Isi Ulang Pulsa Di ATM Terhadap UMKM Penjual Pulsa Seluler, mengungkap tentang isi ulang pulsa di ATM dipersepsikan  kurang berdampak terhadap UMKM penjual pulsa seluler karna di kios pulsa memiliki pelanggannya masing-masing.

Apresiasi Masyarakat Terhadap Debat Calon Presiden/Wakil Presiden Tahun 2014 Melalui Televisi di Kabupaten Subang Jawa Barat, memuat tentang perlunya acara debat Capres/Cawapres melalui televisi, manfaatnya untuk menumbuhkan kesadaran dan kedewasaan berpolitik, mengetahui program kerja dan janji politik., dan Pemanfaatan Twitter Sebagai Media Komunikasi Massa, adalah mengetahui kegunaan media baru dalam hal ini adalah Twitter yang digunakan untuk komunikasi Massa, pola komunikasi yang terbentuk oleh twitter juga beragam, sekalipun beragam, twitter banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di Kalsel untuk mendapatkan dan mencari informasi.

Tidak lupa Dewan Redaksi Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mitra bestari (peer reviewer) yang telah menelaah naskah yang dimuat pada edisi Vol. 18 No.1, Juni tahun 2014, yaitu:

  1. Fahrianoor, S.IP., M.Si,
  2. Juhriyansyah Dalle, S.Pd., S.Si., M.Kom, Ph.D
  3. Syaifuddin M. Hum

Demikian kiranya hasil penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan kali ini, semoga kiranya dapat memberikan manfaat bagi ilmu pengetahuan maupun bagi para pengambil kebijakan.

 

Banjarmasin, Juni 2014

 

Redaksi,

Published: 2014-06-02