Studi Kasus Analisis Framing Isu Percaloan Mahasiswa Baru Universitas Hasanuddin Makassar Pada Koran Fajar Dan Tribun Timur

  • Baharuddin Dollah Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Makassar

Abstract

Studi kasus Analisis Framing, Kasus Percaloan Mahasiswa Baru Universitas Hasanuddin Makassar pada Koran Fajar dan Koran Tribun Timur merupakan suatu kasus yang membawa Unhas tercoreng dalam pengelolaan sebagai institusi pendidikan. Permasalahannya adalah bagaimana Fajar dan Tribun Timur membingkai kasus percaloan dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2016/2017, dan bagaimana realitas  kasus percaloan penerimaan mahasiswa baru dikontruksi dalam pemberitaan mereka.  Adapun tujuan dari kajian ini adalah untuk medeskripsikan bagaimana frame Koran Fajar dan Tribun Timur membingkai kasus percaloan dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2016/2017, dan bagaimana realitas  kasus percaloan penerimaan mahasiswa baru dikontruksi dalam pemberitaan mereka.  Tipe penelitain ini adalah  Analysis Praming . Penelitain ini dilaksanakan di kota Makassar. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh pemberitaan mengenai kasus isu percaloan penerimaan mahasiswa baru Unhas yang dimuat di harian Fajar dan Tribun Timur yang terbit  sejak tanggal 06 – 10 Desember  2016. Data yang ditemukan selama pemberitaan tersebut, selanjutnya dianalisa berdasarkan prinsif-prinsif analisis praming. Data primer dalam penelitian ini dikumpulkan dengan cara mendokumentasi seluruh berita –berita dan didukung berbagai dokumen-dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Koran Fajar maupun Koran  Tribun Timur terdapat perbedaan dalam membingkai berita-berita isu kasus percaloan penerimaan mahasiswa baru Unhas tahun 2016/2017. Frame Fajar melihat kasus ini berkaitan erat dengan masalah moral dari para pelakunya, sedangkan pemberitaan pada Frame  Tribun Tibur kasus ini erat kaitannya dengan  tindakan kriminal penipuan dan pemalsuan yang perlu diberikan sanksi berdasarkan hukum yang berlaku.

Published
2018-06-09
How to Cite
DOLLAH, Baharuddin. Studi Kasus Analisis Framing Isu Percaloan Mahasiswa Baru Universitas Hasanuddin Makassar Pada Koran Fajar Dan Tribun Timur. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 1-18, june 2018. ISSN 2527-693X. Available at: <http://jurnal-p2kp.id/index.php/jp2kp/article/view/91>. Date accessed: 16 dec. 2018.