Persepsi Masyarakat Tentang Dampak Isi Ulang Pulsa Di ATM Terhadap UMKM Penjual Pulsa Seluler,

  • Hilarion Hamjen Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Banjarmasin
Keywords: impact, SMEs, mobile, top-up, mobile top-up, ATM, top-up credits, dampak, UMKM, isi ulang pulsa

Abstract

This research was conducted in the city of Palangkaraya in Central Borneo and city of Banjarbaru in South Borneo in order to describe the perception of public, especially in the city of Palangkaraya and the city of Banjarbaru about the Impact of to-up mobile credit's by ATM to the SMEs mobile credit seller. The research was conducted by survey method and quantitative approach, while the sampling technique used was quota sampling and quantitative descriptive analysis performed. The results showed the less Impact of top-up by ATM to the SMEs credits seller, because top-up by ATM have certain customer segment. However, the top-up by ATM economically very positive impact for the people, eventhough its needs long time transistion of top-up SMEs to the ATM. According to the most people and SMEs need regulation and oversight to create more conductive business for SMEs

Keywords : Impact, SMEs, Mobile top-up, Top Up Credit, ATM

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan di kota Palangkaraya Kalimantan Tengah dan kota Banjarbaru Kalimantan Selatan dengan tujuan untuk menggambarkan persepsi masyarakat khususnya di kota Palangkaraya dan kota Banjarbaru tentang dampak isi ulang pulsa di ATM terhadap UMKM penjual pulsa seluler. Penelitian dilakukan dengan metode survey dan pendekatan kuantitatif sementara teknik sampling yang digunakan adalah quota sampling dan analisa dilakukan secara deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi ulang pulsa seluler di persepsikan kurang berdampak terhadap UMKM penjual pulsa seluler dikarenakan isi ulang pulsa di ATM maupun isi ulang pulsa di kios pulsa memiliki segmen pelanggannya masing-masing. Namun demikian dengan adanya isi ulang pulsa di ATM sangat berdampak positif secara ekonomi bagi masyarakat meskipun peralihannya dari kios pulsa ke ATM atau pola pembelian pulsa berlangsung dalam waktu yang lama. Menurut sebagian besar masyarakat dan pelaku UMKM penjual pulsa seluler bahwa perlu pengawasan dari pemerintah untuk menciptakan iklim usaha yang lebih kondusif bagi UMKM penjual pulsa seluler.

Kata Kunci: Dampak, UMKM, Penjual Pulsa, isi ulang pulsa, ATM

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andre L., Nimal M. and Martin S. 2008.Getting More from Prepaid Mobile Service. Mckinsey Quarterly.

Astuti, W., A.2013. Proses Kerja dan Dampak Dari Mesin ATM.Majalah Ilmiah Unikom, 8(1), hal. 21-24.

Bachtiar, R., (1996) Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dan Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kejung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoaro.Jurnal Kebijakan Manajemen Publik. 1(1), hal. 130-136.

Bittman. M., Brown J.E.,and Wajcman J. 2009.The Mobile Phone, Perpetual Contact and Time Pressure, work, Employment & Society. 23(4), hal. 673-691.

Damarjati B., R., A., 2007.Usaha Mikro Kecil Menengah. Jakarta: FE UI

Lumbanraja, P., 2011.Bersama UKM Membangun Ekonomi Rakyat dan Lingkungan Hidup.Jurnal Ekonom. 14(2), hal.87-93.

Meliana C., 2006. Teknologi Komunikasi Seluler Code Division Multiple Access Sebagai Standar Teknologi Digital Generasi ketiga.Jurnal Informatika, 2(2), hal. 135–144.

Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana.

Martono N., 2011.Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis isi dan data sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.

Mauluddin, S., dan Sodikin, A., 2013.Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pulsa berbasis Android.Jurnal Profit. 1(1), hal.81-88.

Ningtyastuti, R. 2009.Pengaruh Kualitas Jasa, Kepuasan dan Kepercayaan terhadap Kesetiaan. Depok: FISIP UI.

Praptiningsih. 2008. Prospek Bisnis UKM.Jurnal Ilmiah Inkoma. 19(3), hal.151-159.

Roida, Y., T., 2010. Internasionalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Ditinjau Dari Tipe Kepemilikan: Studi Empiris di Jawa Timur, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan.2 (2), hal.158-170.

Rusman, Kurniawan, K., Riyana, C. 2011Pembelajaran berbasis TIK. Jakarta: Rajawali Press.

Soemarwoto, O., 2009.Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Jogjakarta: Gajah MadaUniversity Press.

Sriyana, J., 2010. Pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Yogyakarta: FE UII.

Sukidjo. 2004. Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah.Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 2(1), hal. 8-21.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM)

Yuwono, B., A., 2011.Analisa Dari Design Dan Permasalahan Pada Mesin ATM di Bank Mega. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Published
2014-06-02
How to Cite
Hamjen, H. (2014). Persepsi Masyarakat Tentang Dampak Isi Ulang Pulsa Di ATM Terhadap UMKM Penjual Pulsa Seluler,. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 18(1), 31 - 44. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v18i1.9