Tata Rias Wajah Sebagai Media Aktualisasi Diri Bagi Mahasiswi

  • Indah Wenerda Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Abstract

ABSTRACT


The use of makeup applied by women students during college is different when compared to women workers (customer service, beauty advicer, manager, etc.). Most women workers apply makeup while working as a professional beauty qualification. While for women students there is no written rules that require them to use makeup while in the campus environment (university lecture). Therefore the researchers conducted this study to determine the motivation and disciplinary processes of the body applied by women students through makeup application to their faces.


 


This research uses qualitative research type. The study included the collection of a wide range of empirical data from research subjects (women students). Then the data is analyzed to gain an understanding of the subject of the study encountered (makeup practice for women students).


 


Through this research the researcher can know the motivation of applying makeup for the student as the differentiation of her with other women student. Through the applied makeup, students also feel more confident when compared to not using.


 


Keywords: discipline, body, makeup, women students.


 


ABSTRAK


Penggunaan tata rias wajah yang diterapkan oleh mahasiswi pada saat kuliah merupakan hal berbeda jika dibandingkan dengan para pekerja perempuan (customer service, beauty advicer, manager, dll). Kebanyakan pekerja perempuan menerapkan tata rias wajah pada saat bekerja sebagai a professional beauty qualification. Sementara bagi mahasiswi tidak ada aturan tertulis yang mewajibkan mereka menggunakan tata rias wajah selama berada di lingkungan kampus (kuliah). Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui motivasi dan proses-proses pendisiplinan tubuh yang diterapkan mahasiswi melalui aplikasi tata rias ke wajah mereka.


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian yang meliputi pengumpulan beraneka ragam data empiris dari subjek penelitian (mahasiswi). Kemudian data tersebut dianalisis untuk mendapatkan pemahaman tentang subjek kajian yang dihadapi (praktik tata rias wajah bagi mahasiswi).  


Melalui penelitian ini peneliti dapat mengetahui motivasi dari penerapan penggunaan tata rias wajah bagi mahasiswi sebagai pembeda dirinya  dengan mahasiswi yang lain. Melalui tata rias wajah yang diterapkan, mahasiswi juga merasakan kepercayaan diri lebih tinggi ketika dibandingkan tidak menggunakan.


 


Kata Kunci: pendisiplinan, tubuh, tata rias wajah, mahasiswi.


 

References

Barker, C., 2009. Cultural Studies (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Beauvoir, Simon D. 2003. Second Sex. Yogyakarta: Pustaka Promethea.
Brownmiller, Susan. 1983. Femininity Prologue. New York.
Budiman, Kris. 2000. Feminis Lak-laki dalam Wacana Gender. Magelang: IndonesiaTera.
Carter, Claire. 2013. “What’s Feminism Got to Do with It? Examination of Feminism in Women’s Everyday Lives”. Feminist Scholarship 5.
Creswell, John W. 2010. Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Edisi ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Denzin, Norman K., dan Lincoln, Yvonna S.. 2011. The Sage Handbook of Qualitative Research 1 (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Featherstone, Mike., Hepworth, Mike., and Turner, Bryan S. 1991. The Body: Social Process and Cultural Theory. London: Sage Publication.
Fiske, John. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Foucault, Michel. 1991. Discipline and Punish (The Birth of the Prison) (terjemahan Alan Sheridan). New York: Vintage Books.
Hardiyanta, P. Sunu. 1997. Michel Foucault Disiplin Tubuh Bengkel Individu Modern. Yogyakarta: LKiS.
Haryatmoko. 2013. “Kekuasaan Melahirkan Anti-Kekuasaan, Menelanjangi Mekanisme dan Teknik Kekuasaan Foucault”.
Heryanto, Ariel. 2015. Identitas dan Kenikmatan, Politik Budaya Layar Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Jahja, Y., 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia Group
Markula, Pirkko., Pringle, Richard. 2006. Foucault, Sport and Exercise (Power Knowledge and Transforming the Self). New York: Routledge.
Martin, L.H., Gutman, H., dan Hutton, P.H.. 1988. Technology of the Self: A Seminar with Michel Foucault. Tavistock. Hal. 16-49. London.
Melliana S., Annastasia. 2006. Menjelajah Tubuh: Perempuan dan Mitos Kecantikan. Yogyakarta: LKiS.
Prabasmoro, Aquarini P.. 2003. Becoming White (Representasi Ras, Kelas, Femininitas, dan Globalisasi dalam Iklan Sabun. Yogyakarta: Jalasutra.
Ritzer, George. 2003. Teori Posmodern. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Rumpoko, G., 2016. Dear Mahasiswa Baru, 8 Hal Ini Yang Akan Terjadi Ketika Kamu Dandan Menor Ke Kampus. [online] Available at: https://www.hipwee.com/hiburan/dear-mahasiswa-baru-8-hal-ini-yang-akan-terjadi-ketika-kamu-dandan-menor-ke-kampus/. [Acessed date: 12 Oktober 2017 pukul 03.06WIB.]
Sandra, Lee Bartky. 1998. “Foucault, Femininity, and the Modernization of Patriarchal Power”, dalam The Politics of Women’s Bodies (Sexuality, Appearance, and Behavior) editor Rose Weitz. New York: Oxford University Press.
Santosa, Yudi. 2002. Power/Knowledge, Wacana Kuasa/Pengetahuan Michel Foucault. Yogyakarta: Bentang Budaya.
Strozier, Robert M.. 2002. Foucault, Subjectivity, and Identity. Detroit: Wayne State University Press.
Sutton, Denise H.. 2009. Globalizing Ideal Beauty (How Female Copywriters of the J. Walter Thompson Advertising Agency Redefined Beauty for the Twentieth Century). Newyork: Palgrave Macmillan.
Yulianto, Vissia Ita. 2007. Pesona Barat (Analisis Kritis-Historis tentang Kesadaran Warna Kulit di Indonesia. Yogyakarta: Jalasutra.
Wenerda, Indah. 2014. “Pendisipilinan Tubuh melalui Tata Rias Wajah bagi Pekerja Perempuan”. Laporan Penelitian S2. Universitas Gadjah Mada.
Wolf, Naomi. 2004. Mitos Kecantikan: Kala Kecantikan Menindas Perempuan. Yogyakarta: Niagara.
Published
2018-06-12
How to Cite
WENERDA, Indah. Tata Rias Wajah Sebagai Media Aktualisasi Diri Bagi Mahasiswi. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 59-68, june 2018. ISSN 2527-693X. Available at: <http://jurnal-p2kp.id/index.php/jp2kp/article/view/79>. Date accessed: 16 dec. 2018.