Pemanfaatan Akun Twitter @ARMYTEAMIID Sebagai Media Komunikasi Di Kalangan Fans BTS (ARMY)
Abstract
Kepopuleran K-pop Idol di Indonesia semakin hari semakin bertambah menjadikan kebutuhan informasi yang cepat dan tepat tentang idola favorit mereka semakin tinggi. Namun, perbedaan bahasa acap kali menjadi masalah untuk mereka karena sulit memahami arti kata yang tepat untuk informasi yang mereka baca. Oleh karena itu banyak akun twitter fanbase yang membantu penggemar mendapatkan informasi yang mereka inginkan salah satunya akun @ARMTEAMIID. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat akun twitter ARMY Team Indonesia sebagai media komunikasi untuk fans BTS (ARMY). Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan akun twitter @ARMYTEAMIID sebagai media komunikasi antar Fans BTS atau ARMY ini terbukti sangat efektif sesuai dengan kebutuhan yang mereka perlukan.
Downloads
References
Abraham, F., 2014. Pemanfaatan Twitter Sebagai Media Komunikasi Massa. Jurnal Penelitian
Pers dan Komunikasi Pembangunan, 18(1), pp.67-80.
Arifin, P., 2013. Persaingan Tujuh Portal Berita Online Indonesia berdasarkan Analisis Uses and
Gratifications. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 10(2).
Assegaff, S., 2017. Evaluasi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Knowledge Sharing.
Jurnal Manajemen Teknologi, 16(3), pp.271-293.
Cahyono, A., 2016. Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia.
Jurnal Ilmu sosial & Ilmu politik, 9, pp.140 - 157.
Carr, C. and Hayes, R., 2015. Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal
of Communication, 23(1), pp.46-65.
Effendy, O., 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Egon G., Guba, 1990. The Paradigm Dialog. California: Sage Publications.
Gityandraputra, D., 2020. Apa Hal Penting yang Membuat Konten dapat Menarik Perhatian
Audiens?. Diambil kembali dari https://marketingcraft.getcraft.com/: https://marketingcraft.getcraft.com/id-researches/konten-menarik-perhatian-audiens
Gityandraputra, D., 2020. Cara Membangun Personal Branding Dalam Media Sosial. Diambil
kembali dari https://marketingcraft.getcraft.com/: https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/cara-membangun-personal-branding-dalam-media-sosial
Hermawansyah, A. and Pratama, A., 2021. Analisis Profil dan Karakteristik Pengguna Media
Sosial di Indonesia Dengan Metode EFA dan MCA. Techno.Com, 20(1), pp.69-82.
Kriyantono, R., 2010. Teknik Riset Praktis Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mihardja, J. and Paramita, S., 2019. Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi
Interaksi Parasosial Fanboy dan Fangirl ARMY Terhadap BTS). Koneksi, 2(2), p.393.
Noza, C. and Primayanti, A., 2019. Pemanfaatan Akun Twitter @Womanfeeds Sebagai Media
Informasi Dikalangan Followersnya. E-Proceding of Management, 6, pp.6404–6411.
Nurudin, 2014. Pengantar Komunikasi Massa. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Nursanti, M., 2013. Analisis Deskriptif Penggemar K-pop sebagai Audiens Media dalam
Mengonsumsi dan Memaknai Teks Budaya. Interaksi Online, 1(2).
Pengantar Komunikasi Massa. Nurudin, N. (2007). PT Raja Grafindo Persada.
Psikologi Komunikasi. Rakhmat, J., & Sc, M. (1999). PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmadhany, A., Aldila Safitri, A. and Irwansyah, I., 2021. Fenomena Penyebaran Hoax dan
Hate Speech pada Media Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), pp.30-43.
Rakhmat, J., 2018. Psikologi Komunikasi : Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Sari, R., 2020. Grup BTS Menembus Pasar Musik Amerika Serikat : Pendekatan Customer
Relationship Management (CRM) Big Hit Entertainment pada Global Fandom. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 24(2).
Septiansyah, M., 2019. EKSISTENSI DIRI REMAJA PENGGEMAR BUDAYA K-POP DI
INSTAGRAM (Studi Etnografi Virtual pada Fandom ARMY Jogja). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Severin, W. and Tankard, J., 2011. Teori komunikasi. Jakarta: Kencana.
The Paradigma Dialog. Guba,E. (1990). London: Sage Publication
Teknik Riset Praktis Komunikasi. Kriyantono, R. (2009). Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, & Terapan di Dalam Media Massa. Severin, W. J., &
Tankard Jr, J. W. (2005). Jakarta: Prenada Media.
Widianingtyas, H., 2019. Supaya Jadi Anak Twitter yang Kafah, Kudu Tahu 12 Istilah Ini.
Diambil kembali dari https://kumparan.com/: https://kumparan.com/millennial/supaya-jadi-anak-twitter-yang-kafah-kudu-tahu-12-istilah-ini-1raRhamiIUo/full
Copyright (c) 2021 Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
For Bahasa Indonesia can be read here: Mengakui Pernyataan Hak Cipta
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Copyright on any article is retained by the Journal
- Author grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this;
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal;
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work;
- Every accepted manuscript should be accompanied by Copyright Transfer Agreement (CTA), prior to the article publication. CTA can be downloaded here;