Analisa Kegiatan Humas Universitas Mulawarman Dalam Meningkatkan Reputasi Lembaga

  • Hairunnisa Hairunnisa Universitas Mulawarman
Keywords: Public Relations, Image, University, humas, citra pemerintah, citra universitas, universitas mulawarman, perguruan tinggi, citra lembaga

Abstract

The research objective is to find out how the implementation of Universitas Mulawarman Public Relations activities, as well as to determine the supporting and inhibiting factors of the implementation of Public Relations activities at Universitas Mulawarman in improving the reputation of the institution. The research method used is descriptive qualitative using analytical techniques to gather information about a symptom as it was when the study was conducted. Research location at Universitas Mulawarman. Data collection is done by conducting observations, interviews and documentation. There were four speakers in this study. The results showed that Universitas Mulawarman public relations in improving the reputation of the institution was quite successful. News and publications have decreased over the past three years from 2018 in terms of news publication. Whereas service and information have succeeded in building and maintaining a positive image in the institution. Then clippings and documentation have been applied for the availability of valid data neatly archived.
Keywords: PR, images, univeristy, reputation of university

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan Humas Universitas Mulawarman, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan Humas di Universitas Mulawarman dalam meningkatkan reputasi lembaga. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik analisis untuk mengumpulkan informasi mengenai suatu gejala apa adanya saat penelitian dilakukan. Lokasi penelitian di Universitas Mulwarman, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini ada sebanyak empat orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas Universitas Mulawarman dalam meningkatkan reputasi lembaga cukup berhasil. Pemberitaan dan publikasi mengalami penurunan selama tiga tahun terakhir terhitung sejak 2018 dalam hal publikasi berita. Sedangkan pelayanan dan informasi telah berhasil membangun dan menjaga citra positif pada lembaga tersebut. Kemudian kliping dan dokumentasi telah diterapkan guna ketersediannya data yang valid terarsipkan dengan rapi.
Kata kunci: humas, citra, perguruan tinggi, reputasi Lembaga

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, Ida Anggraeni. (2004) Public Relations: Sebuah Telaah dari Sudut Fungsi, Peran dan Kedudukannya dalam Organisasi, Jurnal Visi Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi Mercu Buana, Jakarta.

Ardianto, Elvinaro. (2009) Public Relations Praktis, Bandung: Widya Padjajaran.

Ardianto, Soemirat Soleh Prof. Dr. M.S. (2010). Dasar-Dasar Public Relation. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Cangara, Hafied. (2009). Pengantar Ilmu Komunikasi, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Efendy, Onong Uchjana. (2013). Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Fajar, Marhaeni. (2009). Ilmu Komunikasi: Teori Dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hairunnisa, (2015), Public Relations, Surabaya, Graha Ilmu

Jefkins, Frank. (2004). Public Relations, Erlangga, Jakarta.

Kusumastuti, Frida, (2012), Dasar-dasar Humas, Jakarta, Ghalia Indonesia

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rumanti, Maria Asumta, (2002), Dasar-dasar Public Relations, Teori dan Praktik, Jakarta, Grasindo.

Ruslan, Rosady. (2008). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Ruslan, Rosadi. 2014. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsep dan Aplikasinya (edisi Revisi), Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2020-10-06
How to Cite
Hairunnisa, H. (2020). Analisa Kegiatan Humas Universitas Mulawarman Dalam Meningkatkan Reputasi Lembaga. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 24(2), 101 - 115. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v24i2.141