Analisis Naratif sebagai Kajian Teks Pada Film

  • Mutia Rahmi Pratiwi Dian Nuswantoro University
  • Yenny Aulia Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: narrative structure, post trauma stress disorder, non verba codel, film, movie, struktur narasi, post trauma, kode non-verbal

Abstract

Communication can be conveyed through various media, including films. The message contained in the film is based on the reality that emerges and becomes a picture of phenomena in everyday life. Ideally, films collaborate the power of visual and audio so that the message is appropriately portrayed. The 27 Steps of May film is a film that portrays sexual violence in adolescents and is only supported by the power of visual not audio. The selection of the film was carried out against the backdrop of the lack of films which explicitly recounted the traumatic impact of victims of violence dominated by visual force. This study aims to describe how the 27 Steps of May film tells the traumatic impact where the method used is a qualitative narrative analysis from Tzvetan Todorov. The results showed that there were five narrative structures, namely: initial conditions, conditions of balance, order, Disruption of balance, awareness of disturbances, attempts to correct disturbances, restoration of balance, creating order again. In this study, visualization of non-verbal code signs related to traumatic post-traumatic stress disorder was shown by the actors in the film, the non-verbal code was in the form of gestures, eye contact, facial expressions, and emotions.

Keywords: narrative structure, post trauma stress disorder, non verba codel, and film.

ABSTRAK

Komunikasi dapat disampaikan melalui berbagai media, termasuk film.Pesan yang terkandung dalam film berdasar pada realitas yang muncul dan menjadi gambaran fenomena di kehidupan sehari-hari.Idealnya, film mengkolaborasikan kekuatan visual dan audio sehingga pesan tergambarkan secara menarik. Film 27 Steps of May merupakan film yang menggambarkan kekerasaan seksual pada remaja dan hanya didukung dari kekuatan visual bukan audio. Pemilihan film ini dilakukan dengan latar belakang minimnya film yang secara tersurat menceritakan dampak traumatik korban kekerasan yang didominasi dengan kekuatan visual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana film 27 Steps of May menceritakan dampak traumatis dengan metode analisis naratif kualitatif dari Tzvetan Todorov. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat lima struktur narasi, yaitu: kondisi awal, kondisi keseimbangan, keteraturan, gangguan (disruption) terhadap keseimbangan, kesadaran terjadi gangguan, upaya untuk memperbaiki gangguan, pemulihan keseimbangan, menciptakan keteraturan kembali. Pada penelitian ini ditemukan visualisasi berbagai tanda kode non verbal terkait traumatic post traumatic stress disorder yang ditunjukkan oleh pemeran dalam film, berupa:gerak isyarat, kontak mata, ekspresi wajah, dan emosi.

Kata kunci: struktur narasi, post trauma stress disorder, kode non-verbal, dan film.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Trauma yang Ditinggalkan, Ibunda.id.

Azhar, A. (2014) Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada Rineka Cipta.

Budyatma, M. and Ganiem, L. M. (2011) Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Kencana.

Devito, joseph a. (2011) Komunikasi Antarmanusia. edisi keli. Tangerang: Karisma Publishing Group.

Dirgayunia, A. (2016) ‘Gangguan Stress Pasca Trauma Pada Korban Pelecehan Seksual dan Pemerkosaan.’, Journal An-nafs.

Eriyanto (2014) Analisis Naratif : Dasar-Dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: prenada media.

Fikri, A. I. (2018) ‘Analisis Struktur Naratif Dan Unsur Sinematik Film Yakuza Apocalypse Karya Takahashi Miike’, jurnal eprints.undip.

James, Phellan. & Rabinowitz, P. J. (2005) Narrative Theory. UK: Blackwell Publishing.

Kharisma, D. et al. (2018) ‘Analisis Naratif Tzvetan Todorov Dalam Film Moana Sebagai Representasi Kesetaraan Gender Narative Analysis On Moana Movie As Gender Equality Representation’, 5(1), pp. 1209–1219.

Komnasperempuan.go.id (2020) Siaran Pers dan Lembar Fakta Komnas Perempuan: Catatan Tahunan Kekerasan terhadap Perempuan 2020.

Kusumawati, T. I. (2016) ‘Komunikasi Verbal Dan Nonverbal’, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2), pp. 83–98.

L, R. W., Peterson, T. and W.Jensen, J. (2008) Media Massa dan Masyarakat Modern edisi kedua. jakarta: Kencana.

Lacey, N. (2000) Narrative and Genre. london: Macmillan Press.

Landau, D. (2014) Lighting for Cinematography: A Practical Guide to the Art and Craft of Lighting for the Moving Image (The CineTech Guides to the Film Crafts). U.S: Bloomsburry Academi.

Margaret, E. and Hamidah (2018) ‘Post Traumatic Growth Pada Wanita Dewasa Awal Korban Kekerasan Seksual’, Jurnal psikologis klinis dan kesehatan mental.

Musdolifah, A. (2019) ‘Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra’, 9(1), pp. 47–65.

Pratista, H. (2008) Memahami Film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). edisi kedu. Bandung: Alfabeta.

Tiara, S., Pratiwi, M. R. and Nuswantoro, U. D. (2018) ‘Proses Pendampingan Melalui Komunikasi Teurapetik’, 10(2).

Published
2020-10-06
How to Cite
Pratiwi, M. R., & Aulia, Y. (2020). Analisis Naratif sebagai Kajian Teks Pada Film. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 24(2), 71 - 83. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v24i2.139