Strategi Sosialisasi Politik Virtual Pasangan Calon pada Pemilihan Umum Raya Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya

  • Riky Rakhmadani
  • Naha Navisa Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: political socialization, general election, state universities in Surabaya, virtual, sosialisasi politik, pemilihan umum, universitas negeri di Surabaya

Abstract

Political socialization is an important part of the candidate pair's important role in gaining support. The application of virtual media of candidate pairs also determines the direction of the votes in each candidate pair. This study used a qualitative-descriptive approach with interview and virtual observation data collection techniques. The results of research and analysis conducted, showed that the candidate pairs mapped students through virtual media to convey their political strategies, then used each virtual media of the candidate pairs to socialize their superior programs that were different from other candidate pairs. So, the candidate pair in this case made a political socialization strategy on every virtual media to increase the votes in the contestation of the student highway elections.

Keywords: political socialization, general elections, state universities in Surabaya, virtual

 

ABSTRAK

Sosialisasi politik menjadi bagian yang tak terlewatkan sebagai peran penting pasa-ngan calon dalam meraih dukungan. Penerapan media virtual pasangan calon turut menentukan arah suara pada setiap pasangan calon, Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi virtual. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa pasangan calon memetakan mahasiswa melalui media virtual untuk menyampaikan strategi politiknya, kemudian menggunakan setiap media virtual pasangan calon untuk men-sosialisasikan program unggulannya yang berbeda dengan pasangan calon lain. Jadi, pasangan calon dalam hal ini membuat strategi sosialisasi politik pada setiap media virtual untuk meningkatkan suara dalam kontestasi pemilihan umum raya mahasiswa.

Kata kunci: sosialisasi politik, pemilihan umum, universitas negeri di Surabaya, virtual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cangara, Hafied. 2009. Komunikasi Politik, Konsep, Teori, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Lexy J, Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Raga, Maran, 2001. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: PT. Rhineka Cipta.

Venus, Antar. 2010. Manajemen Kampanye Detakan Pertama 2004. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia. (2019). Berapa Pengguna Media Sosial Indonesia [internet]. Katadata: Databooks. Tersedia dalam: (https://databooks.katadata.co.id, diakses pada 25 Maret 2019).

Mustafa, Siti Ezaleila. 2013. Media Sosial di Malaysia dan Indonesia: Penggunaaannya sebagai Alat Komunikasi, Kolaborasi dan Jaringan Digital. Malaysian Journal of Media Studies Vol.15 No.2, 2013.

Tampubolon, P. 2006. Keefektifan Program Pengembangan Karakter Indonesian Youth Leadership Homestay Program untuk Peningkatan Integritas di Gerakan Mari Berbagi. Jurnal Elektronik Mahasiswa PLS Vol.8 No.5: 330.

White, S.N. 2012. Generasi Antara: Refleksi tentang Studi Pemuda Indonesia. Jurnal Studi Pemula Vol.1 No.2: 89.

Published
2020-05-29
How to Cite
Rakhmadani, R., & Navisa, N. (2020). Strategi Sosialisasi Politik Virtual Pasangan Calon pada Pemilihan Umum Raya Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Surabaya. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 24(1), 13 - 22. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v24i1.112