Pemanfaatan Twitter Sebagai Media Komunikasi Massa

  • Firda Zulivia Abraham Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Banjarmasin
Keywords: Twitter, Utilization, pemanfaatan, hybrid media, media hibrida, komunikasi massa, Mass Communication, SNS, Jejaring Sosial, Social Networking

Abstract

Research of Twitter Utilization as media of mass communication be held at Banjarmasin City and Banjarbaru City on South Kalimantan, and at Palangkaraya City at Central Kalimantan. The Research objective is to know who function is and utilization of social networking services as media of mass communication and how to form of the communication has made from communication media who is formatted caused by innovation of technology. This research with descriptive, be held with qualitative approach with depth interview with the admin twitter account who have a choice and be held the observation againts that accounts during three months started on August until October 2013.The Research objective showed five twitter account with the most number of followers who's helped with twitter to mass of communication. The communication pattern has founded is a pattern of hybrid communication who depend on interactivity and cannot be limited by time and location. It's have different against pattern of communication hybrid from five account. Indonesia is a country with the most of twitter user, Ministry should be pushing the twitter, to registered twitter with .id domain, in order twitter can be easy to accessing in Indonesia.

Keyword : utilization, twitter, hybrid media, mass communication, SNS

ABSTRAK

Penelitian pemanfaatan twitter sebagai media komunikasi massa dilakukan di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan, serta di Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana fungsi dan pemanfaatan jejaring sosial sebagai media komunikasi massa dan bagaimana pola komunikasi yang tercipta dari media komunikasi yang terbentuk akibat innovasi teknologi tersebut. Penelitian ini bersifat deskriptif, dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam dengan admin akun twitter yang berhubungan dan dilakukan observasi terhadap akun-akun tersebut selama tiga bulan mulai dari Agustus hingga Oktober 2013. Informan dipilih dengan metode purposive sampling dengan Judgment Sampling, lalu dipilih akun dengan jumlah followers lebih dari 10,000 sejak bulan Maret 2013. Hasil penelitian menunjukan ada lima akun dengan jumlah followers terbanyak yang terbantu akan twitter untuk berkomunikasi secara massa. Pola komunikasi yang ditemukan juga adalah pola komunikasi hibrida yang mengandalkan interaktivitas tinggi serta tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Terdapat perbedaan pola komunikasi hibrida pada lima akun terbesar di wilayah Kalselteng tersebut. Tingginya penggunaan twitter hendaknya kominfo mendesak untuk mendaftarkan domain dengan domain .id agar twitter dapat mudah diakses di Indonesia.

Kata kunci : pemanfaatan, twitter, media hibrida, komunikasi massa, jajaring sosial

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Firda Zulivia Abraham, Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Banjarmasin
Peneliti BPPKI Banjarmasin

References

Baran, J. S., 2010. Introduction to Mass Communication: Media Literacy and Culture, 6th edition . Alih Bahasa: Mahedra, W Wira., 2011. New York: McGraw-Hill

Baran, S., J., dan Davis, D., K., 2010. Mass Communication Theory : Foundations, Ferment, and future 5th edition. Singapore: Cengage Learning

Beaumont, C., 2010. The Daily Telegrapgh, Twitter user send 50 million tweets per day. [berita online] Didapat di: http://soa.li/MWSUfzi [Akses: 9 April 2013, 16:13]

Burhani, R., 2009. BI Siap Hitung Uang Koin Prita. [Berita Online]

Didapat di: http://www.antaranews.com/berita/1261499435/bi-siap-hitung-uang-koin-prita [Akses: 5 April 2013, 09:23]

Comscore, 2011. Social Media Report:It’s A Social World – Top 10 Need-to-Knows About Social Networking and Where It’s Headed [pdf]. Didapat di: http://bit.ly/11dfFdU [Akses: 9 April 2013, 14:25].

Dougherty, H., 2010. Experian Hitwise. Facebook Reaches Top Ranking in US [blog]. Didapat di: http://www.experian.com/blogs/marketing-forward/2010/03/05/facebook-reaches-top-ranking-in-us/ [Akses: 9 April 2013, 18.40]

Fowler, A., G., 2012. Facebook: One Billion and Counting. The Wall Street Journal (Dow Jones).

Garrett, Sean. 2010. Twitter Blog, Big Goals, Big Game, Big Records.[blog].

Didapat di: http://blog.twitter.com/2010/06/big-goals-big-game-big-records.html

[Akses: 10 April 2013, 14:24]

Hall, C., 2007. History of Facebook [pdf]. University of Nebraska at Kearney. Didapat di: http://www.unk.edu/uploadedFiles/offices/reslife/facebook_brochure%202.pdf

[Akses: 9 April 2013, 14:43]

Internet World Stats, 2012. Top 20 Countries By User – 2012 Q2. [situs]

Didapat di: http://www.internetworldstats.com/top20.htm [Akses: 9 April 2013, 10:04]

Juditha, C., 2011, Hubungan Pengguna Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Remaja di Kota Makassar, Jurnal Penelitian IPTEK-KOM, 13(1), hal. 1-23.

Lasswell, H., 1948. The Structure and Function of Communication in Society. Dalam L. Bryson (ed.), Communication of Ideas. New York: Harper & Row, hal.37-51.

Liputan 6, 2004. Barisan Pemadam Kebakaran Kalsel Masuk MURI. [berita online]

Didapat di: http://news.liputan6.com/read/86879/barisan-pemadam-kebakaran-kalsel-masuk-muri [Akses 17 April 2013, 15:23]

O’Reilly, T., 2007. What Is Web 2.0: Design Patterns and Bussiness Model for Next Generation of Software. International Journal of Digital Economics, 65(1), hal.17-37.

Okezone, 2009. Koin untuk Prita Terkumpul Rp. 825 Juta. [Berita Online]

Didapat di: http://okz.me/akmD [Akses: 5 April 2013, 10:28]

Semiocast, 2012. Twitter reaches half a billion accounts More than 140 million in the U.S. [online] Semiocast. Didapat di: http://semiocast.com/publications/2012_07_30_Twitter_reaches_half_a_billion_accounts_140m_in_the_US [Akses 10 April 2013, 11:08]

Vivian, J., 2008. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Kencana

Yusuf, O., 2012. 2013, Pengguna Internet Indonesia Bisa Tembus 82 Juta.

[Berita Online] Didapat di: http://kom.ps/ADM3y1 [Akses: 9 April 2013, 12:23]

Published
2014-06-19
How to Cite
Abraham, F. Z. (2014). Pemanfaatan Twitter Sebagai Media Komunikasi Massa. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 18(1), 67 - 80. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v18i1.11