Iklan Politik di TVRI Kalsel pada Pemilukada 2018

  • Achmad Bayu Chandrabuwono Universitas Lambung Mangkurat
  • Atika Rusli Universitas Lambung Mangkurat
  • Andika Sanjaya Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Political Communication, Political Advertisiement, Television, Komunikasi Politik, Iklan Politik, Televisi

Abstract

The Regional Head Candidates use advertisements on TVRI South Kalimantan to influence the public and get votes during the 2018 Regional Election campaign. The research uses a descriptive quantitative research type. Descriptive method aims to describe systematically the facts or characteristics of certain populations factually and accurately. This type of research uses quantitative content analysis. The findings state that effective advertising must contain creative and attached messages. According to our research, we conclude that political advertising in South Kalimantan is less effective. Prospective Regional Heads cannot rely on this type of advertising as the main campaign tool. They have to improvise with other media.
Keywords: Political Communication, Political Advertisiement, Television.

ABSTRAK
Para Calon Kepala Daerah menggunakan iklan untuk mempengaruhi masyarakat dan memperoleh suara selama kampanye.Penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif bertujuan melukiskan secara sistematis fakta atau karak-teristik populasi tertentu secara faktual dan cermat. Tipe penelitian menggunakan analisis isi kuantitatif.Hasil temuan menyatakan iklan yang efektif harus mengandung pesan-pesan kreatif dan melekat. Menurut riset kami, kami menyimpulkan bahwa iklan politik di Kalimantan Selatan kurang efektif., Para Calon Kepala Daerah tidak dapat bergantung pada jenis iklan ini sebagai alat kampanye utama. Mereka harus berimprovisasi dengan media lain..
Kata kunci: Komunikasi politik, iklan politik, televisi

Author Biography

Andika Sanjaya, Universitas Lambung Mangkurat

Universitas Lambung Mangkurat

References

Anggoro, A. D. (2014). Media, Politik dan Kekuasaan: Analisis Framing Model Robert N. Entman tentang Pemberitaan Hasil Pemilihan Presiden, 9 Juli 2014 di TV One dan Metro TV. Jurnal Aristo, 2(2), 25–52.

Arianto, B. (2015, May 7). Pilkada dan Mitos Politik [Artikel Media Online]. Retrieved November 26, 2018, from http://banjarmasin.tribunnews.com/2015/05/07/pilkada-dan-mitos-politik

Belch, George; Michael Belch. (2011). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, 9th Edition. Newyork: McGraw-Hill.

Conainthata, Galih. (2018, September 17). Update Harga Pasang Iklan di Televisi Nasional 2018 [Artikel Media Online]. Retrieved December 3, 2018, from https://harga.web.id/berapakah-harga-pasang-ikan-di-televisi-ini-dia-jawabannya.info

Durianto, Darmadi. (2003). Invasi Pasar Iklan dengan Iklan yang Efektif: Strategi, Program dan Teknik Pengukuran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hakim, Budiman. 2016. Creative Director. Yogyakarta: Galang Press.

Hikmat, Mahi. 2010. Komunikasi Politik Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kriyantono, Rachmat, 2009, Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Morissan. 2014. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Pramitha, Weninda Ayu. (2015). Efektifitas Komunikasi Pemasaran terhadap Pengembangan Ekowisata melalui Media Promosi. Studi Pustaka, 2 (2).

Priyowidodo, Gatut. (2008). Menakar Kekuatan dan Keunggulan Industri Televisi Lokal di Era Otonomi. Scriptura, 2 (1), 56-62.

Romadhan, Mohammad Insan. (2018). Personal Branding Jokowi dalam Mempertahankan Brand Image melalui Video Blog Youtube. MetaCommunication, 3 (2), 76-93.

Shauma, Anisatus; Zainal Abidin A. (2015). Efektifitas Iklan Politik di Televisi: Studi Deskriptif Kuantitatif Efektifitas Iklan Politik Aburizal Bakrie Versi Motivasi Anak Indonesia Pada Pemilih Pemula di Surabaya. Jurnal Imu Komunikasi, 7 (2), 1-10.

Shimp, Terence A.. (2014). Integratesd Marketing Communication in Advertising and Promotion. South Western: Cengage Learning.

Subiakto, Henry. 1996. Studi Efek Media Massa dalam Komunikasi Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Zaenudin, Ahmad. (2018, February 5). Influencer di Media Sosial, Penantang Tangguh Iklan Konvensional [Artikel Media Online]. Retrieved December 3, 2018, from https://tirto.id/influencer-di-media-sosial-penantang-tangguh-iklan-konvensional-cEfr.

Published
2019-06-17
How to Cite
Chandrabuwono, A. B., Rusli, A., & Sanjaya, A. (2019). Iklan Politik di TVRI Kalsel pada Pemilukada 2018. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 23(1), 55 - 65. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v23i1.106