Apresiasi Masyarakat Terhadap Debat Calon Presiden/Wakil Presiden Tahun 2014 Melalui Televisi di Kabupaten Subang Jawa Barat

  • Nana Suryana Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Bandung
Keywords: appreciation, debates, president candidate, popularity, electability, apresiasi, debat, calon presiden, popularitas

Abstract

This research focus on Subang Regency, West Java Province. This research objective is to knowing, discuss, and descripting about society appreciation of President/Vice President debates on television. This research using descriptive analytical with quantitative approach and supported by qualitative approach, the data collection technique using questionnaire, depth interview, literature study, and observation at research location. The result, majority of respondent classified as productive ages who has a fairy high political sensitivity. The agree and have need of President/VP debates show at television, although the debates show have a short running time, but the effect can increase the knowledge and insight about 2014 election, and can grow awareness and political maturity, can knowing the figure and debates topic to needed by society, include the work program and political appointments, knowing political image, popularity and capability of President/VP candidates. To popularity, closely related with electability but not can get the electability automatically, because one of candidate not have the popularity but they have the electability. Therefore the debates show need to be scheduled, not only at during campaign season, can be scheduled out of campaign season yet.

Keyword: appreciation, debates candidate, popularity, electability

 

ABSTRAK

Penelitian ini berfokus di Kabupaten Suang, Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui, membahas dan mendeskripsikan tentang apresiasi masyarakat terhadap acara debat Capres/Cawapres melalui televisi. Penelitian ini sifatnya deskriptif analitis dengan pendekatan kuantitaif ditunjang kualitatif yang dipusatkan di Kabupaten Subang Jawa Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, wawancara mendalam, studi kepustakaan dan pengamatan langsung di lapangan. Hasilnya, sebagian besar responden tergolong usia produktif yang memiliki kepekaan terhadap dunia politik cukup tinggi. Mereka setuju dan perlu dengan acara debat Capres/Cawapres melalui televisi, alasannya walaupun acara debat waktunya pendek, tapi efek (manfaat) nya dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang Pilpres 2014, serta dapat menumbuhkan kesadaran dan kedewasaan berpolitik. Kemudian dapat mengetahui figur dan tema debat yang dibutuhkan masyarakat, termasuk di dalamnya program kerja dan janji politik. Selanjutnya mengetahui pula tentang citra politik, popularitas dan kapabilitas, popularitas dan elektabilitas Capres/Cawapres. Untuk popularitas erat sekali kaitannya dengan elektabilitas, tapi tidak otomatis memperoleh elektabilitas, sebab yang memiliki popularitas tidak otomatis memperoleh elektabilitas, sebab kenyatannya ada yang tidak memiliki popularitas tapi memperoleh elektabilitas. Untuk itu acara debat perlu diagendakan, tidak hanya diselenggarakan pada musim kampanye pilpres, tapi juga dapat dilaksanakan di luar musim kampanye.

Kata kunci : apresiasi, debat kandidat, popularitas, elektabilitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, A.,1992. Komunikasi Poltik dan Pers pancasila. Jakarta: Media Sejahtera.

Aminuddin, 2000. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ardial, 2010. Komunikasi Politik. Jakarta: Indeks.

Badjuri, A., (2010). Jurnalistik Televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dantes, N., 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Hikman, M., M., 2011. Komunikasi Politik. Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ilham, Z., 2010. Kamus Istilah Televisi dan Film. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muhtadi, Asep S., 2008. Komunikasi Polittik Indonesia.: dinamika Islam Politik Pasca Orde Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Natawidjaja, 1980. Pengajaran Remedial untuk SPG/Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Nimmo, D. 2000. Komunikasi Politik. Penerjemah dari Tjun Suryaman. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Siagian, S., P., 1980. Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Tarigan, H.,G., 1985. Berbicara Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Zuriah, N., 2006. Metode Penelitian Sosial dan Pendidikan (teori dan Praktek). Jakarta: Bumi Aksara.

Published
2014-06-05
How to Cite
Suryana, N. (2014). Apresiasi Masyarakat Terhadap Debat Calon Presiden/Wakil Presiden Tahun 2014 Melalui Televisi di Kabupaten Subang Jawa Barat. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 18(1), 45 - 66. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v18i1.10